Tugas Bahasa Indonesia Prodi S1-Farmasi STIKES BORNEO LESTARI

Daun Jambu Biji Pereda Diare

Kenalan sama daun jambu biji yukk....
Daun satu ini punya banyak manfaaat bagi tubuh loh, salah satunya pengobatan diare..
Sumber:https://www.google.com/funtuk-demam-berdarah-manfaat-daun-jambu.


      Jambu biji atau yang memiliki nama latin Psidium Guajava L merupakan buah asli dari tanah tropis seperti Indonesia. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih kemerahan dan berasa asam manis. Buah jambu biji dikenal banyak mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain. Jambu biji juga memilki nutrisi yang baik bagi tubuh yang terdiri dari kalori, vitamin A (karoten), vitamin B1, vitamin c, hidrat arang, air, fosfor, protein dan  rendah lemak.
Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari tanaman buah yang satu ini tidak hanya terbatas pada buahnya saja, tetapi juga pada daun dan batang tanaman. Sejak zaman dahulu, nenek moyang bahkan menggunakan daun jambu biji untuk meredakan gangguan pencernaan seperti diare, maag, sariawan, dan masuk angin. Hal ini dikarenakan kandungan dalam daun jambu biji seperti asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tanin yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Diare merupakan masalah kebanyakan orang terutama di daerah Indonesia dengan iklimnya yang  tropis, diare itu bisa jadi bahaya loh. Apalagi kalau tidak ditanggulangi secepat mungkin, bisa jadi berlarut-larut dan mengundang penyakit lain datang atau bahkan kematian. Sudah banyak bukti, kalau setiap tahun dilaporkan banyak orang yang menderita diare dan 4-5 juta orang meninggal karena diare kronis.
Diare ada yang mengalami beberapa hari saja dan ada pila yang mengalami berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Diare yang lebih dari seminggu inilah yang dinamakan diare kronis yang bisa mengancam nyawa kita.
Diare memiliki gejala umum yakni tinja cair dengan frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari, kadang-kadang disertai muntah 1-2 kali sehari, malas makan, letih, lesuh, lemah, badan kadang-kadang panas. Dalam keadaan akut, gejala diare biasanya mata cekung, kaki dan tangan terasa kejang dan sakit, dan kekurangan cairan..
Diare perlu penanganan yang sigap dan cepat, namun banyak pula yang mengganggap sepele penyakit diare. Meskipun tergolong penyakit yang bisa memakan korban, pengobatan diare cukup sederhana dan dapat dilakukan secepat mungkin pada skala rumah tangga
Daun jambu biji telah terbukti efektif sebagai obat diare, pada daun jambu biji terdapat zat tannin yang berfungsi sebagai anti diare. Senyawa yang identik pahit ini ternyata mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme.
Diketahui bahwa penyebab diare adalah bakteri, bakteri ini biasanya terdapat pada makanan basi, makanan yang tidak diolah dengan baik dan benar, ataupun karena kebersihan makanan dapat memicu adanya bakteri pada makanan tersebut dan dapat memicu diare. Selain itu, bahan-bahan makanan yang bisa memicu diare misalnya makanan pedas dan keracunan makanan karena bakteri atau kebersihan makanan yang dikonsumsi, pun dengan minuman dengan kriteria seperti makanan yang telah disebutkan dapat menyebabkan diare.
Rebusan dari daun jambu biji efektif menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli dan Staphylococcus. Kebanyakan penyakit diare disebabkan oleh bakteri tersebut, maka rebusan daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai obat diare. Pemanfaatan daun jambu biji sebagai obat diare juga tidak terlalu susah. Pemanfaatannya dapat dibagi menjadi tiga cara, dan kita bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk dilakukan.



DAFTAR PUSTAKA:
Addinfukry,2010,Karya Ilmiyah Remaja,http://addinfikry.blogspot.com/2010/05/karyailmiyah-remaja-sman-1-kota-bima.html
dhttp://kelompok1a122.blogspot.co.id/2013/11/daun-jambu-biji-pereda-diare.html
http://www.biologi-sel.com/2013/10/taksonomi-dan-morfologi-tanaman-jambu.html
https://www.google.com/search?q=daun+jambu+biji&ie=utf-8&oe=utf-8#q=daun+jambu+biji+untuk+diare&*


Komentar

  1. Thanks infonya agustina๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  2. Mantap jiwa nih artikel sukses untuk penelitiannya nanti

    BalasHapus
  3. Wiiih makasih ka. Infonya bermanfaat sekali ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  5. Makasih infonya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  6. terimakasih untuk infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat,terimakasih :)

    BalasHapus
  8. sangat bermanfaat๐Ÿ‘, makasih ka infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer